Rabu, 09 November 2016

HADIS: Kebersihan Adalah Sebagian dari Iman


                                      Image result for hadist kebersihan







النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ
“Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”
Hadis ini tercantum dalam kitab-kitab hadis. Al-‘Iraqi dalam takhrij Ahadits al-Ihya’ 1/73 menginformasikan hadis dengan lafadz semacam di atas diriwayatkan oleh Imam at-Thobrany dalam Al-Ausath dengan sanad yang dho’if jiddan (sanagt lemah) dari jalur periwayatan melalui Ibnu Mas’ud ra.
Adapun lafaz lain yang semakna dengan hadis tersebut adalah:
بني الدين على النظافة
“Agama dibangun di atas kebersihan”.
Namun, Al-‘iraqy mengomentari: “Saya tidak mendapati dalam kitab-kitab hadis lafadz seperti itu”.
Adapun dalam kitab Ad-Dhu’afa yang ditulis oleh Ibnu Hibban dari hadis Aisyah Ra lafaznya adalah :
تنظفوا فإن الإسلام نظيف
“Bersihkanlah karena Islam itu bersih”.
Ibnu Hibban menilai hadis di atas sebagai hadis dho’if.
Imam As-Sakhawi dalam al-Maqosid al-Hasanah menjelaskan bahwa hadis dengan lafaz terakhir ini juga diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dalam Al-Afrad dari hadis Nu’aim bin Maura’ dari Hisyam bin ‘Urwah dari bapaknya dari ‘Aisyah Ra secara marfu’. Namun, Nu’aim juga adalah perawi yang dho’if
Sebagaiman penjelasan al-‘Iraqy di atas, Ad-Dailami mengaitkan hadis ini kepada hadis riwayat at-Tabrani dari Ibnu Mas’ud yang marfu’ yaitu :
والنظافة تدعو إلى الإيمان
Menurut penelitian Syaikh al-Albani, hadis tersebut dikeluarkan oleh at-Thobrany dalam al-Ausath (1/35 no. 7311) dan Abu Nu’aim dalam Akhbar Asbahan (1/183-84) serta al-Khotib dalam at-Talkhis (2/111). Syaikh al-Albani menyatakan hadis ini Maudhu’. Al-‘Iraqy mendho’ifkannya.
Lihat pula penjelasan yang sama oleh al-‘Ajuluny dalam Kasyful Khofa 1/288. Al-Qory dalam al-Mashnu’ memasukkan hadis ini dalam kelompok hadis maudhu’ (palsu) dalam kitabnya al-Mashnu’ fi ma’rifatil Hadis al-maudhu’ Juz 1 hal. 78.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar